Jumat, 16 Januari 2015

Cara membuat Briket dari sampah,

Cara membuat Briket dari sampah,



Langkah-langkah pembuatan Briket dari sampah Organik
Alat dan Bahan :

Alat:

- Drum (untuk pembakaran)
- Sekop
- Ember
- Tongkat kayu(pengaduk)
- Wadah(baskom/panci)
- Cetakan briket (pipa pvc atau bambu)
- Lesung (penumbuk)
- Anglo(cetakan briket)

 Bahan:
- Sampah organik kering(daun, tempurung kelapa, serbuk gergaji, dll)
- Perekat alami atau buatan(lem aci atau daun talas)
- Minyak tanah


Cara membuat :
a) Siapkan drum (untuk proses pembakaran/pengarangan sampah organik)
b) Sampah organik (misal daun kering) dimasukkan ke dalam drum dan dibakar. Penyalaan awal dapat dilakukan dengan menggunakan minyak. Selanjutnya, setelah api menyala, sampah dapat dimasukkan ke dalam drum pembakaran sedikit demi sedikit agar nyala api tidak padam.
c) Selama proses pembakaran harus dijaga agar tidak ada udara yang keluar masuk drum secara leluasa. Jika udara dapat keluar masuk drum maka pembakaran tidak akan menghasilkan arang melainkan abu.
d) Agar proses pembakaran atau pengarangan merata, selama proses pembakaran bisa sampah diaduk aduk
e) Bila proses pengarangan sudah selesai, api bisa dimatikan. Jika proses mematikan api agak susah bisa disiram dengan air sedikit.
f) Kumpulkan arang yang terjadi dan simpan ditempat yang aman.
g) Siapkan penumbuk, misalnya lesung, kemudian arang yang tersedia ditumbuk halus hingga menjadi bubuk arang. Selanjunya kumpulkan bubuk arang tersebut pada suatu tempat misalnya ember.
h) Siapkan lem kanji dan encerkan dengan air panas.
i) Campurkan kanji tersebut dengan bubuk arang sehingga menjadi adonan yang lengket. Selanjutnya, adonan diaduk-aduk agar semua bahan tercampur rata dan cukup lengket.
j) Siapkan cetakan briket. Bisa dibuat dari pipa PVC yang dipotong-potong dengan ukuran secukupnya. Atau bisa menggunakan batang bambu yang dipotong-potong.
k) Setelah cetakan siap, masukkan adonan yang telah disiapkan ke dalamnya dengan cara dipadatkan, lalu setelah padat dan berbentuk, keluarkan dari cetakan.
l) Setelah dikeluarkan dari cetakan, jemur briket yang masih basah dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Catatan:
- Ukuran dan bentuk cetakan briket sampah organik bermacam-macam, ada yang besar dan ada yang kecil, tergantung pada kegunaannya. Bahkan, pembuatan briket langsung dapat dikepal dengan tangan.
- Tempat cetak yang dapat dipakai juga bermacam-macam, misalnya kaleng susu, cangkir, atau bekas botol minuman yang terbuat dari plastik.
- Briket sampah organik yang telah kering langsung dapat digunakan untuk memasak dengan cara dibakar dalam tungku atau anglo.

 sumber : MODUL:
PEMBUATAN BRIKET
MENGGUNAKAN
SAMPAH ORGANIK.pdf gatau linknya hehehe



1 komentar: